Tim Soekarno Care Tiba di Libanon Untuk Menyampaikan Bantuan Kemanusiaan Non-Sektarian

Hari ini  tanggal 1 Maret 2014 tim Soekarno Care (S-Care)  untuk pengungsi Suriah yang telah berada di Libanon akan berangkat ke daerah Hermel, utara Libanon, guna menyampaikan amanat masyarakat Indonesia untuk menyampaikan bantuan kemanusian non-sektarian untuk membantu memenuhi kebutuhan saudara-saudara mereka para pengungsi Suriah yang berada di Libanon. Di daerah ini kondisi keamanan sangat beresiko. Dilaporkan kemarin, 28 Februari 2014 sejumlah roket jatuh di daerah ini yang diduga diluncurkan oleh kelompok oposisi Suriah yang berada di daerah perbatasan dengan Libanon. Tim memutuskan untuk masuk ke daerah ini karena diperkirakan justru kondisi pengungsi Suriah di daerah ini dalam kondisi sangat membutuhkan bantuan kebutuhan hidup dan mungkin juga terabaikan karena sebagian penduduk lokal di Hermel pun diperkirakan mengungsi.
Rencananya tim S-Care akan menyewa mobil dan menempuh jalan ke Hermel yang akan memakan watu sekitar 3 jam dari Beirut. Daerah kritis adalah sepanjang jalan yang berdekatan dengan daerah Arsal dimana basis kelompok teror Libanon yang meledakkan diri di Beirut beberapa waktu lalu itu berasal.
Tim S-Care akan melakukan survey kondisi pengungsi, mengidentifikasi kebutuhan mereka dan jika dimungkinkan pada hari yang sama akan langsung membelikan kebutuhan pengungsi di daerah terdekat, dan menyampaikannya kepada mereka secara langsung.
Dari informasi yang ada, sejumlah pengungsi di Al Baisariya, Libanon selatan yang kemungkinan besar membutuhkan bantuan kemanusiaan, Jumlah mereka diperkirakan sekitar 6000 jiwa. Daerah ini relatif lebih aman, dan dekat dengan pantai. Jika memungkinkan, Tim S-Care juga akan menyampaikan sumbangan ke pengungsi Suriah di daerah ini.
Tim S-Care yang diwakili oleh Mochammad juga telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Libanon atas rencana misi bantuan kemanusiaan ini pada tanggal 27 Februari 2014 dan diterima secara baik oleh Protokoler Konsuler KBRI  di Beirut.
.
.
.
Laporan ini disusun oleh Mochammad, anggota tim S-Care untuk pengungsi Suriah.
Beirut, Libanon
logo
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s